Minggu, 09 Mei 2010

 

gambar rangkaian lampu hidup otomatis

membuat otomatis nyala lampu kebun bila gelap LED
by gunawan — 21 Aug 2009
google_protectAndRun("ads_core.google_render_ad", google_handleError, google_render_ad);
Komunitas elektronika Indonesia. Kuasai elektronika sederhana untuk memajukan teknologi indonesia
tweetmeme_url = "http://elektronindo.co.cc/content/membuat-otomatis-nyala-lampu-kebun-bila-gelap-led";
Sirkuit ini akan mengaktifkan relay ketika cahaya menjadi gelap. Tingkat cahaya dapat disesuaikan dengan VR1 relay kontak dan dapat digunakan untuk beroperasi eksternal atau cahaya buzzer.
Sensor cahaya yang digunakan adalah ORP12 photocell. Cahaya yang terang dalam perlawanan dari ORP12 dapat lebih rendah seperti 80 ohm dan 50lux (gelap) dengan daya tahan meningkat menjadi lebih dari 1 M.ohm. Yang 1M kontrol harus menyediakan berbagai untuk intensitas cahaya, jika tidak mungkin nilai-nya meningkat. Op-amp yang indera yang tegangan perbedaan antara pin 2 dan 3. Kontrol VR1 disesuaikan sehingga relay tidak aktif, output dari op-amp akan sekitar 2 Volts. Ketika cahaya jatuh, yang resistensi dari photocell meningkat dan perbedaan tegangan masukan adalah amplified oleh op-amp, output akan ayun penuh terhadap pasokan dan mendorong transistor dan relay. 270k penghambat yang menyediakan sejumlah kecil hysteresis, sehingga sirkuit aktif dan tidak sedikit berbeda dengan tingkat cahaya. Ini menghilangkan relay chatter. Sangat hati-hati jika Anda memutuskan untuk kawat yang relay untuk mengaktifkan lampu Induk. Pastikan relay kontak menyediakan isolasi yang memadai dan mempunyai nilai cukup untuk beban.
ORP12 Photocell (1)RLY1: 12VSPDT (1)U1: UA741 (1)Q1: BC109 NPN (1)D1: 1N4002 DIODE (1)F1: 1A (1)VR1: 1M RESISTOR (1)ORP12: 500K RESISTOR (1)R1,R3,R2: 10k RESISTOR (3)R5: 4.7k RESISTOR (1)R6: 1k RESISTOR (1)R4: 270k RESISTOR (1)
google_protectAndRun("ads_core.google_render_ad", google_handleError, google_render_ad);

Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]





<< Beranda

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Berlangganan Postingan [Atom]